Magister Psikologi UII

You are here:
Profile Print E-mail
Dasar Pemikiran Pendirian Program Magister Profesi Psikologi

Psikologi sangat dibutuhkan dalam bidang pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Tenaga-tenaga dalam bidang psikologi ini diharapkan memiliki kompetensi yang tidak hanya berupa pengetahuan, melainkan juga etika profesional, karakter serta skil yang diperoleh dari proses pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung (hands on). Kekayaan disiplin psikologi dalam hal tinjauan tentang sumber daya manusia yang komprehensif, utuh, serta multi dimensi akan membantu lahirnya profesional yang benar-benar memahami kompleksitas pengelolaan dan pengembangan SDM. Di sisi lain, kesempatan menimba pengalaman melalui program yang terstruktur akan memberikan "added value" bagi para profesional ini, berupa ketrampilan untuk menganalisis, mengembangkan konsep/model, memberikan rekomendasi yang bertanggungjawab, membantu mencari pemecahan dari beragam persoalan pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia.

 
Visi, Misi, dan Kekhasan

 
Visi Program adalah terwujudnya institusi pendidikan Psikologi Islam yang profesional, yang mampu memberikan rahmat bagi alam semesta. Visi ini mengacu pada visi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya.

Misi Program adalah menghasilkan psikolog profesional setara magister yang mampu dan berhak melakukan praktek kerja Psikologi terhadap individu/kelompok/organisasi serta komunitas dengan berpegang pada kode etik profesi Psikologi dan nilai-nilai keislaman.

Adapun kekhasan yang dimiliki oleh porgram profesi psikologi FPSB UII ini adalah adanya internalisasi nilai-nilai kislaman melalui personal development program  yang mengacu pada Propethic Psychology yang tidak didapatkan di program profesi psikologi di universitas lain.

 
Keunggulan

 

Metode Pembelajaran

Selain perkuliahan, mahasiswa diberi kasus-kasus riil yang sangat berguna untuk mengasah kemampuan analisis dan diagnosis. Dosen juga menciptakan suasana komunikasi dua arah melalui metode diskusi. Pembelajaran juga dilakukan dengan monitoring. Beberapa dosen bertindak sebagai supervisor yang memandu mahaiswa saat prkatek di laboratorium maupun di lapangan.

Program Pengayaan

Sebelum memasuki kuliah (keprofesian semester II khususnya) mahasiswa diwajibkan mengikuti program pengayaan. Tujuannya adalah untuk menyetarakan baseline kemampuan mahasiswa sebelum memasuki kuliah keprofesian. Prosentase kehadiran mahaiswa dalam program ini menentukan kelulusan, karena program ini merupakan syarat untuk mengikuti kuliah berikutnya. Apabila mahasiswa tidak lulus, maka mahasiswa tersebut wajib mengulang. Beberapa materi yang diberikan dalam program ini antara lain adalah materi asesmen (OW Dasar, tes Psikologi), Pengembangan Diri (Self Management & Teamwork)  berdasarkan Psikologi Kenabian (Prophetic Psychology), berupa kunjungan lapangan, dll

Materi Kuliah

Kurikulum Program Magister Profesi Piskologi FPSB UII sangat khas karena memasukkan langsung  Islamic Values  dalam materi kuliah. Beberapa materi kuliah yang  hanya terdapat di sini berbasis Psikologi kenabian antara lain Psikologi Islami madya, Kepemimpinan Kenabian, dan Intervensi Konseling Terapi Islam.

Waktu Perkuliahan

Waktu perkuliahan Kamis, jumat, Sabtu. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa yang sudah bekerja agar dapat mengikuti kuliah tanpa harus banyak meninggalkan pekerjaannya.

Fasilitas

Ruang Kuliah standard Eksklusif, laboratorium komputer, laboratorium konseling dan psikoterapi dengan fasilitas CCTV, fasilitas internet free hot spot di area kampus, ruang auditorium, ruang Audio Visual, perpustakaan on line yang terhubung dengan jaringan di seluruh fakultas dan pusat UII.

Personal Development Planning System

Adalah usaha pemantauan (monitoring) pihak pengelola berdasarkan reflective journal kuliah keprofesian terhadap perkembangan yang dicapai mahasiswa dengan matakuliah yang diambilnya. Monitoring tersebut bertujuan memberikan masukan-masukan atau saran-saran yang membangun bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya secara berkesinambungan (continuous improvemnet).

Last Updated ( Wednesday, 14 January 2009 )
 
 

Login Form






Lost Password?