Magister Psikologi UII

You are here: HOME arrow Departments
Bidang Konsentrasi Print E-mail
Written by Robit Sanusi   
Wednesday, 14 January 2009

Sekilas tentang Bidang Konsentrasi  Program Magister Profesi Psikologi FPSB UII

Pada awal didirikannya Program Profesi Psikologi jenjang Magister di Fakultas Psikologi ( sekarang menjadi Fakultas Psikologi dan Ilmu SOoal Budaya) yaitu pada TA 2005/2006, Bidang konsentrasi yang menjadi fokusnya ada 2 yaitu Bidang Psikologi Industri dan Bidang Psikologi Pendidikan. Akakn tetapi sejak TA 2006/2007 Pendidikan Profesi Psikologi Jenjang Magister Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII hingga saat ini menitikberatkan konsentrasi pendidiknnya pada tiga bidang yaitu:

  1. Bidang Konsentrasi Psikologi Industri
  2. Bidang Konsentrasi Psikologi Klinis
  3. Bidang Konsentrasi Psikologi Pendidikan
 
Rumusan Kompetensi Bidang Konsentrasi

 Bidang Psikologi Industri

    1. memiliki komitmen terhadap prinsip-prinsip keprofesian psikologi dan nilai-nilai keislaman.
    2. mahasiswa mampu mengusasai pengetahuan dasar keprofesian psikologi yang berkaitan dengan masalah-masalah sumber daya manusia/organisasi dan perubahan manusia dalam konteks industir dan organisasi.
    3. mahasiswa mapu melakukan asesmen/intervensi, evaluasi serta kemampuan pendukung yang terdiri dari fasilitas membangun hubungan serta pemecahan maslah secara kreatif dalam bidang industri dan organisasi.
    4. mahasiswa mampu melakukan penelitian terapan di bidang Psikologi Industri dan Organisasi.
Bidang Psikologi Klinis
    1. memiliki komitmen terhadap prinsip-prinsip keprofesian psikologi dan nilai-nilai keislaman.
    2. mahasiswa mapu menguasai prinsip-prinsip psikodiagnostika dalam bidang klinis.
    3. mahasiswa mampu melakukan asesmen dan intervnesi pada kasus-kasus individual, kelompok, maupun komunitas di bidang klinis.
    4. mahasiswa mapu melakukan penelitian terapan di bidang psikologi klinis seperti: asesmen, konseling dan psikoterapi.
Bidang Psikologi Pendidikan
    1. memiliki kemampuan memecahkan masalah yang terkait dengan proses pembelajaran di lingkungan pendidikan.
    2. menguasai strategi dalam meningkatkan potensi siswa.
Last Updated ( Wednesday, 14 January 2009 )
 
 

Login Form






Lost Password?