Sambutan Ketua Program Studi

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Magister Psikologi Profesi (Mappro) Universitas Islam Indonesia hadir untuk menjawab berbagai tantangan zaman. Dengan visi “Tahun 2030 menjadi rujukan penyelenggaraan pendidikan Psikologi Islam yang professional di Asia Tenggara”,  Mappro UII berkomitmen kuat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk tidak hanya mempelajari, tapi juga mengembangkan konsep, alat ukur, penelitian, dan aplikasi Psikologi Islam yang terintegrasikan pada tiga konsentrasi bidang studi: Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Pendidikan.

Pada ketiga konsentrasi yang telah disebutkan, mahasiswa Mappro UII diwajibkan memiliki pengalaman praktik kerja untuk mendalami konsentrasi yang diinginkan: di Rumah Sakit Jiwa/Rumah Sakit Umum dan Puskesmas untuk konsentrasi Psikologi Klinis, Lembaga Pendidikan dari TK hingga Perguruan Tinggi untuk konsentrasi Psikologi Pendidikan, dan berbagai perusahaan nasional maupun multinasional untuk Psikologi Industri dan Organisasi. Pada ranah praktik kerja ini, layanan psikologi yang diberikan mahasiswa Mappro dibekali dengan nilai-nilai keislaman dan kode etik profesi psikologi. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi pembeda saat mereka memasuki dunia kerja nantinya, baik sebagai seorang praktisi maupun akademisi.

Pada tataran riset, Magister Psikologi Profesi UII menekankan riset berbasis psikologi profetik dengan pendekatan integratif dalam penyelesaian masalah-masalah psikologis masyarakat. Selain itu, Mappro UII juga ikut terlibat dalam penyelenggarakan pengabdian masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan psikologis, di samping terus berperan aktif dalam kegiatan akademik di tingkat internasional, terutama di kawasan Asia Tenggara. Bentuk kerjasama yang dilakukan tidak hanya berupa riset bersama, konferensi, atau kuliah pakar, tapi juga pertukaran mahasiswa sehingga mahasiswa Mappro memiliki pengalaman mobilitas global.

Dengan demikian, lulusan Mappro UII setidaknya memiliki beberapa kompetensi: (a) matang dalam pengelolaan pribadi, (b) penguasaan ilmu pengetahuan psikologi, dan (c) profesionalisme dalam praktik psikologi dan profesionalisme dalam penelitian psikologi. Dengan support system sumber daya pengajar kompeten dan praktisi professional yang dimiliki Magister Psikologi Profesi UII di bidangnya masing-masing, lulusan Mappro UII tidak hanya memiliki kompetensi praktis, tapi juga ilmiah. Solusi yang diberikan tidak hanya pragmatis berlaku saat ini, tapi juga jauh ke depan seiring berkembangnya kebutuhan zaman. Inilah lulusan magister psikologi profresi dari Universitas Islam Indonesia.

Salam hangat dan jabat tangan erat!

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Dr.rer.nat. Arief Fahmie, S.Psi., M.A., Psikolog

systweak advanced driver

kinemaster para pc kinemaster for pc

Ativador Windows

mx player for pc 

Dr. rer. nat. Arief Fahmie, S.Psi., M.A.,Psikolog