Serial Webinar Wirahsa ft. Mappro Klinis

Sesi 1

“Wajarkah Sering Merasa Bersalah dalam Banyak Hal?

Sharing Tips terbebas dari Perasaan Bersalah”

Topik pembuka dari serial webinar “Berbagi bersama Psikolog UII” yang diadakan oleh Mappro UII bekerja sama dengan Wirahsa adalah “Wajarkah sering merasa bersalah dalam banyak hal?” . Webinar sesi pertama ini diadakan pada hari Kamis, 16 Juli 2020 pukul 19.00-20.30 melalui zoom meeting. Terdapat 115 partisipan yang mendaftar pada sesi ini dan peserta terdiri dari berbagai macam latar belakang, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, guru, karyawan, dan lainnya. Dalam kesempatan webinar pertama ini yang menjadi pemateri adalah Putri Nabila Bilicha, M. Psi., Psikolog bersama dengan Karina Oclaudya, S. Psi.

Materi yang disampaikan sangat menarik dan mungkin banyak dialami oleh orang ketika dewasa. Pemateri memaparkan penjelasan mengenai bagaimana rasa bersalah itu bisa muncul ditinjau dari psikoanalisa yaitu id, ego, dan superego. Selain itu disampaikan juga cara mengatasi rasa bersalah yang secara praktis dapat dilakukan mandiri.

Terdapat kalimat penutup yang berkesan dari kedua pemateri di akhir acara, yaitu “Setiap manusia pasti berbuat salah. Hal yang paling bijak yang dapat dilakukan adalah mengakui kesalahan tersebut, menjadikannya pelajaran guna menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan takut apabila sudah terlanjur berbuat salah karena dari kesalahan itulah kita diberi kesempatan oleh semesta untuk meningkatkan level diri kita menjadi lebih baik lagi, lagi, dan lagi. Jadi, teruslah berjalan, teruslah berjuang, karena sedikit lagi kamu akan sampai pada tujuan akhir perjuanganmu, yaitu kedamaian hati (Bilicha, 2020).”

“Kamu adalah Superhero untuk dirimu sendiri. Kamu adalah terapis terbaik untuk dirimu sendiri. Sehebat apapun psikolog/terapis yang kamu datangi, sebetulnya tidak ada yang benar-benar dapat menolongmu, kecuali dirimu sendiri. Kamu yang memiliki kontrol dan bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Because you are the hero of your own life (Oclaudya, 2020).”

Setelah selesai materi, diadakan tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan diakhiri dengan penutupan sesi pertama.

Free Fire for PC

Program Descargar