Serial Webinar Wirahsa ft. Mappro Klinis UII

Sesi 2

Sudahkah Kita Benar-Benar Memaafkan?

Materi pada sesi 2 dari serial webinar ini dibawakan oleh seorang psikolog, alumni Magister Profesi Psikologi UII yaitu Indah Dewanti Rahmalia, M. Psi., Psikolog yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 17 Juli 2020 pukul 16.00-17.30 WIB dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 126 peserta. Untuk memperdalam materi, panitia mengadakan tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan kemudian diakhiri dengan sesi penutup.

Kedamaian hati dapat dirasakan salah satunya ketika seseorang sudah benar-benar memaafkan, baik memaafkan kesalahan diri sendiri maupun kesalahan orang lain. Indah menjelaskan topik ini cukup detail dengan memaparkan apa yang dimaksud pemaafan, ciri orang yang belum memaafkan, serta tahapan melakukan proses pemaafan secara tepat.

Di tengah sesi materi Rahmalia mengatakan bahwa memaafkan menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan karena ketika individu belum memaafkan maka sejatinya ia sedang memberikan racun pada tubuhnya yang suatu saat nanti bisa jadi dapat mematikannya. “Memaafkan bukanlah sesuatu hal yang mudah, hanya orang yang menyayangi dirinyalah yang mampu memaafkan orang lain”, ujar Indah saat sesi penutup.