Serial Webinar Wirahsa ft. Mappro Klinis UII

Sesi 5

Bencana Alam: Psikologi Bisa Apa Ya?

Sesi 5 ini diisi oleh seorang Psikolog alumni UII yang bernama Tia Prasyatiani, M. Psi., Psikolog. Materi disampaikan secara detail oleh Tia yang meliputi macam-macam bencana, gejala psikologis yang dialami oleh individu ketika mengalami bencana kemudian cara yang dapat dilakukan oleh individu itu sendiri ataupun oleh orang yang berada di sekitar penyintas.

Pada masa pandemi ini banyak individu yang mengalami stres, cemas, dan reaksi psikologis lainnya yang berdampak pada aktivitas keseharian individu. Tia menyampaikan bahwa setiap individu sejatinya memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam hidupnya namun ketika terjadi sesuatu di luar kendali maka tentunya mereka akan membutuhkan bantuan tambahan. Oleh karena itu orang di sekitar penyintas dapat memberikan bantuan dengan melakukan pertolongan psikologis pertama (P3) dengan memegang prinsip tiga hal yaitu lihat, dengar, dan hubungkan.

Sesi ini diawali dengan pemaparan materi, tanya jawab, dan sesi penutup. Peserta yang mengikuti webinar ini sekitar 50 orang peserta yang berasal dari berbagai macam latar belakang. Acara berlangsung pada Sabtu,18 Juli 2020 pukul 19.00 – 20.15 WIB.